Tuesday 31 December 2013


Dear Passanger,

Di artikel sebelumnya saya sempat berbagi tips tentang bagaimana membaca ukuran pada jam tangan. Kali ini saya akan membahas bagaimana menentukan ukuran sepatu yang pas dalam memilih sepatu. Semua artikel yang saya share disini iyalah berdasarkan pengalaman saya, ya tips ini juga termasuk pengalaman saya. 

Seperti yang kita tahu (yang pernah beli sepatu secara online) membeli sepatu secara online bisa dibilang susah susah susah gampang. (susahnya 3 kali, gampangnya 1 kali, jadi intinya susah :p). kenapa susah? karena kita harus menentukan ukuran sepatu yang pas tanpa mencobanya. Dan bagi yang teliti, masing - masing merek sepatu mempunyai ukuran sepatu sama, tp sebenarnya berbeda.

Ukuran sepatu saya biasanya 40, tapi ada beberapa sepatu saya ukurannya 39. dan setelah saya ukur, sepatu yang ukuran 40 dan 39 ternyata panjangnya sama! Jadi, saran saya mending mencoba dulu sebelum membeli sepatu. :D

"Tapi bagaimana jika sepatu yang saya suka, cuma dijual secara online ??" pasti pertanyaan itu sering muncul ketika kita ingin membeli sepatu secara online. :D

oke, saya ada beberapa langkah yang mungkin bisa membantu :
  1. Fokuslah pada Panjang sepatu. bukan berdasarkan ukuran sepatu. 
  2. Lihat model sepatu. Apa sepatu itu emang modelnya lancip? atau flat? atau yang lain?
  3. Minta Si Seller untuk menggukur Panjang Sol Sepatu.
  4. Ukur Panjang Sol Sepatu Favorite anda.
  5. Spekulasikan antara Hasil Pengukuran Sol Sepatu yang anda ukur, Informasi panjang Sol Sepatu dari seller, dan Model Sepatu (Lihat Poin ke 3).
Contoh kasusnya berdasarkan pengalaman saya :
Beberapa hari yang lalu saya ingin membeli sepatu merek Gia*nt Shoes secara online. Kemudian apa yang saya lakukan? iyaap, berdasarkan tips saya diatas. :)
  1. Saya ukur sepatu favorite yang saya kira panjangnya sol sepatunya pas untuk saya. Panjangnya berkisar 28 - 28,5 cm.
  2. Saya liat model favorite saya bukan sepatu yang lancip (saya juga ga suka sama sepatu yang ujungnya lancip)
  3. Saya minta informasi dari seler berapa panjang sol sepatu yang saya akan beli (panjang sol sekitar 28,5 cm)
  4. Karena panjang 28,5 termasuk batas toleransi panjang sepatu yang pas buat saya. ya kemudian saya pesen :)

Saran saya, cari panjang sepatu yang pas untuk anda. sepatu yang terlalu kecil malah akan membuat kaki kita cepat lelah dan sepatu terlalu panjang malah membuat kita mencari seperti BADUT! *peace
So, minta teman anda untuk menilai panjang sepatu yang cocok buat anda. jangan hanya 1 teman, tapi banyak teman karena orang orang punya selera yang berbeda beda. Setelah itu, kalian simpulkan dan tanya diri sendiri apakah benar panjang sepatu ini cocok untuk saya? jika kalian yakin, kalian bisa catat ukuran itu untuk membeli sepatu dikemudian hari.

Oke saya ada dua rumus, mungkin bisa berguna juga buat kalian.
Panjang Sepatu Ideal = Panjang telapak kaki + (1,27 cm ~ 2 cm)
Panjang Sepatu Ideal = (Tinggi Badan x 15%) + 0,5 cm + (1,27 cm ~ 2 cm)
Kenapa dimulai dari 1,27 cm hingga 2 cm?
Ya karena dari artikel yang saya baca, idealnya space antara jempol dan ujung sepatu adalah 1/2 inchi atau 1,27 cm. dan 2 cm itu batas maksimal yang bisa ditoleransi berdasarkan pengalaman saya. bisa juga menjadi 2,5 cm itu mentok sangat maksimal. 

Kenapa 15% (pada rumus kedua)?
Karena panjang kaki manusia pada umumnya 15% dari tinggi badan manusia.

Kenapa 0,5 cm (pada rumus kedua)?
Itu adalah toleransi dari panjang kuku dijempol kaki atau toleransi ketebalan kaos kaki yang dipakai. Kalo ga sepatu bakal PRESS BANGET! 

Bagaimana menggukur panjang telapak kaki yang efektif?
  1. Pakai kaos kaki.
  2. Telapak kaki pada ujung tumit kita sandarkan ke permukaan yang rata.
  3. Taruh kertas dibawahnya.
  4. Kemudian menggunakan pensil atau pulpen gambar kaki, ukur dari ujung kertas yang berdekatan dengan tumit hingga ke ujung jempol.
Contoh Kasus :
Panjang telapak kaki saya ukur pakai penggaris dari ujung tumit sampai ujung jempol 26,5 cm.
  • Berdasarkan rumus yang pertama.. 
(Panjang Telapak saya) 26,5 cm + 1,27 cm = 27,77 cm, dibulatkan menjadi 28 cm. (Panjang minimal sepatu yang bisa saya pakai)
  • Berdasarkan rumus yang kedua.. 
Tinggi badan saya 171 cm. Jadi, 171 x 15% = 25,65 dibulatkan menjadi 26 cm. (angka ini PRESS BANGET biasanya ujung kuku jempol kita nonjol di sepatu) + 0,5 cm (toleransi ujung kuku yang nonjol atau tebal kaos kaki) = 26,5 cm + 1,27 cm = 27,77 cm, dibulatkan menjadi 28 cm. (panjang minimal sepatu yang bisa saya pakai)



Semoga membantu, terima kasih :)

8 comments:

  1. sangat membantu sekali gan tips mengukur sepatu ideal buat pria

    ReplyDelete
  2. Semoga bs jadi referensi gan

    ReplyDelete
  3. Aku tingginya 175 kira2 berapa ukuran sepatu yang pas untuk saya? Mohon bantu jawab
    Aku mau beli online soalnya

    ReplyDelete
  4. Kalau tinggi 187 cm kira2 ukuran nya brapa ya ?

    ReplyDelete
  5. Perhitungannya tepat baanget bro. Nice share

    ReplyDelete